• Minggu, 4 Desember 2022

2.834 Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur dan Ratusan Warga Meninggal Dunia. Berikut Data Lengkapnya!

- Selasa, 22 November 2022 | 17:48 WIB
Ribuan rumah warga rusak dan ratusan warga dinyatakan meninggal dunia akibat gempa Cianjur (ilsutrasi-Pixabay/ Angelo_Giordano / Dok Malutnetwork)
Ribuan rumah warga rusak dan ratusan warga dinyatakan meninggal dunia akibat gempa Cianjur (ilsutrasi-Pixabay/ Angelo_Giordano / Dok Malutnetwork)

Malutnetwork.com - Musiba gempa Cianjur dengan magnitudo (M) 5,6 menelan ratusan korban jiwa dan ribuan kerusakan material. Gempa yang mengguncang kabupaten Cianjur terjadi pada, Senin (21/11/22

Data yang dihimpun Malutnetwork.com dari laman BPBD Cianjur, data korban akibat gempa Cianjur sebanyak 252 orang dinyatakan meninggal dunia, 377 luka-luka, dan 31 orang masih dalam pencarian.

Sementara data kerusakan material berupa rumah warga sebanyak 2.834, rumah ibadah sebanyak 5, fasilitas pendidikan 13, fasilitas kesehatan 5, dan 10 gedung pemerintahan.

Baca Juga: Gempa dengan Kekuatan Magnitudo 5,6 Mengguncang Kota jakarta, Tak Ada Potensi Tsunami    

Sementara data korban pengungsian warga sebanyak 7.060 orang untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan.

Selain itu, 10 kecamatan jadi lokasi dampak gempa Cianjur yakni Cianjur, Karang Tengah, Warungkondang, Cilaku, Gekbrong, Cugenang, Cibeber, Sukaluyu, Sukaresmi, dan Pacet.

Baca Juga: Tak Mampu Meraih Poin, Qatar Membuat Sejarah Buruk dengan Tunduk dari Ekuador di Laga Pembuka Piala Dunia 2022

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Suharyanto mengatakan masa tanggap darurat berlangsung selama satu minggu dan berharap proses pencarian dan evakuasi sudah selesai.

"Saya meminta kementerian dan lembaga dapat bersinergi serta berkolaborasi untuk mempercepat penanganan darurat", kata Suharyanto saat memimpin rapat Koodinasi dengan sejumlah kementerian dan lembaga. Senin (21/11/22).

Suharyanto menjelaskan prioritas utama penanganan darurat dengan melakukan pencarian dan evakuasi korban, penanganan pengungsi serta perbaikan sarana vital dan pembersihan material yang menutup akses jalan.

Halaman:

Editor: Sukri Yunus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X