Sekarang Bikin SIM Sudah Bisa Online melalui Satpas, Begini Rincian Biaya Setiap Kategori SIM

- Rabu, 9 November 2022 | 07:26 WIB
Koprs Lalu Lintas (Korlantas) resmi menetapkan biaya pelayanan penerbitan SIM (Malutnetwork - Photo)
Koprs Lalu Lintas (Korlantas) resmi menetapkan biaya pelayanan penerbitan SIM (Malutnetwork - Photo)

Malutnetwork.com - Biaya tes psikologi dan tes kesehatan saat ini tidak tergolong dalam biaya perpanjangan SIM A dan SIM C di Satpas.

Adapun biaya perpanjangan SIM A dan SIM C yang mengacu pada pungutan biaya PNBP sesuai Peraturan Pemerintah nomor 76 tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Polri.

Biaya perpanjangan SIM A dan SIM C telah diatur dalam surat telegram Kapolri nomor: ST/2387/X/YAN.1.1./2022 per tanggal 31 Oktober 2022 yang ditandatangani oleh Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi.

Baca Juga: Ingat! Janganlah Jadi Pelakor Ketika Sedang Berkendara, ini Artinya

Dengan beratas namakan Kapolri Menegaskan, bahwa pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dan rohani calon peserta uji SIM itu di luar dari mekanisme penerbitan SIM dan dilaksanan di luar area Gedung Satpas.

Pemohon SIM bisa memilih sendiri dokter dan psikolog yang sudah mendapat rekomendasi sesuai ketentuan. Untuk biayanya tergantung dari tempat pemeriksaan kesehatan.

Untuk perpanjangan SIM ini bisa dilakukan melalui dua opsi yakni datang langsung ke Satpas atau secara online dengan aplikasi Digital Korlantas.

Baca Juga: Suzuki V-Strom 250 Meluncur di IMOS 2022, Cocok untuk Touring Ratusan KM. Simak Keunggulannya

Opsi secara online ini terbilang lebih mudah. Bahkan untuk biayanya sudah jelas tertera di sana, termasuk tarif pengiriman sampai rumah.

Bahkan, sekarang bisa dicoba langsung perpanjangan SIM lewat online sesuai jam kerja. hanya membutuhkan handphone dan meluangkan waktu sejenak untuk proses perpanjangan SIM ini.

Halaman:

Editor: Sukri Yunus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X